[x] close
[x] close

New User Sign Up

Piala Eropa Piala Dunia

Piala Eropa

29 Juni 2012 | 08:31

Masuk Final, Italia Dapat Jatah Piala Konfederasi

Timnas Italia/ Dok. Daylife
Timnas Italia/ Dok. Daylife

Italia akan mendapat jatah ambil bagian dalam Piala Konfederasi 2013 setelah sukses melaju ke final Euro 2012. Federasi sepak bola tertinggi dunia (FIFA) sudah mulai menyelenggarakan turnamen ini sejak 1997.

Hingga 2005, turnamen ini diselenggarakan dua tahun sekali. Namun, setelah itu, dibuat keputusan untuk menyelenggarakannya hanya empat tahun sekali.

Kompetisi ini dibuat sebagai turnamen pendahulu Piala Dunia dan diikuti oleh juara masing-masing enam konfederasi FIFA, ditambah juara bertahan Piala Dunia sebelumnya dan tim tuan rumah, dalam hal ini Brasil.

Spanyol sendiri merupakan juara Piala Dunia 2010. Itu berarti mereka akan mengikuti Piala Konfederasi dengan status pemenang Piala Dunia yang lalu. Hal ini mengakibatkan jatah Eropa di Piala Konfederasi sudah pasti menjadi milik Gli Azzurri, tidak peduli apa pun hasil partai final Euro 2012 nanti.

Jika pun skuad asuhan Cesare Prandelli itu gagal menjadi juara, spot ke Piala Konfederasi tetap menjadi milik mereka. Sebab, jika Spanyol kembali menjadi juara Eropa, spot Eropa di Piala Konfederasi akan kosong.

Kendati demikian, bukan berarti Italia tidak bisa menolak untuk mengikuti Piala Konfederasi yang akan diadakan di Brasil itu. Pasalnya, pada masa yang sudah-sudah, Prancis dan Jerman juga bisa menolak undangan tersebut.

Jika Italia enggan tampil dalam turnamen tersebut, maka semifinalis Euro 2012, Portugal dan Jerman bakal menjadi kandidat untuk mewakili Eropa. (JoPauline)

Artikel terkait

Artikel Lainnya


Komentar

Optional: Login below.

comments powered by Disqus

Klasemen Euro 2012

Jadwal & Hasil Pertandingan Euro 2012

Top Skor & Assist