DUNIASOCCER.COM – Biodata Mohamed Salah sebagai salah satu striker terbaik di Liga Inggris sangat menarik untuk diulas. Pemain milik Liverpool tersebut berhasil menjadi sorotan karena kemampuannya mencetak gol. Terlebih pemain tersebut menjadi striker tertajam di Liverpool dibawah pelatihan Jurgen Klopp.

Menjadi top skor Liga Inggris di musim lalu, ketajaman Mohamed Salah justru menurun drastis di musim ini. Situasi tersebut tentu berimbas pada performa Liverpool yang terlihat angin-anginan. Karena penurunan kinerjanya itu, Mohamed Salah berpotensi dijual Liverpool dalam waktu dekat.

Karir

Bagi penggemar klub Liverpool, biodata Mohamed Salah tentu sudah tidak asing lagi. Pemain bernama lengkap Mohamed Salah Hamed Mahrous Ghaly itu merupakan pria kelahiran Mesir. Salah lahir pada tanggal 15 Juni 1992 dengan kini telah memasuki usia 30 tahun.

Karir Junior Mohamed Salah dimulai dari Ittihad Basyoun tepatnya pada tahun 2004 lalu. Karir Seniornya dimulai dari Al Mokawloon di tahun 2010 dan direkrut Basel dua tahun setelahnya. Sejak saat itulah karir Eropa Mohamed Salah dimulai.

Dua musim bersama Basel, Salah kemudian direkrut Chelsea tepatnya di tahun 2014 hingga 2016. Dalam dua musim itu, Mohamed Salah menjalani dua periode peminjaman yang pertama pada Fiorentina dan terakhir AS Roma. Klub asal Ibukota Italia tersebut kemudian mempermanenkan Salah di akhir masa peminjamannya.

Karir Mohamed Salah benar-benar menanjak ketika bergabung dengan Liverpool di tahun 2017 lalu. Banyak penghargaan pribadi yang diterima Salah seperti top skor Liga Inggris tiga musim beruntun dan lain-lain. Selain itu, Salah juga mempersembahkan beberapa trofi untuk Liverpool.

Bukan hanya di level klub, karir Mohamed Salah juga cukup mentereng bersama Timnas Mesir. Bergabung sejak kelompok umur, Salah sukses memberikan beberapa gelar untuk Timnas kebanggaannya itu. Bukan hanya untuk Timnas, Salah juga menerima penghargaan pribadi untuk pencapaiannya.

Mulai Bapuk

Musim ini, performa Mohamed Salah menurun drastis yang berakibat seretnya gol pemain tersebut. Dari 20 laga di Liga Inggris, Salah hanya mampu mencetak 7 gol saja dengan tambahan 1 assist. Sedangkan di kompetisi Liga Champions, Salah mencetak 7 gol selama fase grup kemarin.

Catatan Mohamed Salah tersebut tentu sangat jauh dibandingkan musim-musim sebelumnya. Sejak bergabung di tahun 2017 lalu, Salah rata-rata mencetak 24 gol setiap musimnya. Bahkan Salah bersama dengan Son Heung Min dinobatkan sebagai top skor di Liga Inggris musim kemarin.

Liverpool tentu sangat kecewa mengingat Salah baru saja menerima pembaharuan kontrak yang cukup tinggi. Bahkan bayaran yang diterima Mohamed Salah termasuk termahal dibandingkan pemain Liverpool lain. Namun pasca kontrak baru tersebut, performa Mohamed Salah justru angin-anginan.

Berdasarkan keterangan dari Jurgen Klopp, alasan utama menurunnya performa Salah adalah kepergian Sadio Mane. Belum lagi Roberto Firmino, Luis Diaz dan Diogo Jota juga tengah cedera. Padahal kombinasi trio lini depan Liverpool lah yang menjadi penyokong ketajaman Salah di lini depan.

Berpotensi Dijual

Merosotnya ketajaman Mohamed Salah tentu sangat berpengaruh terhadap performa Liverpool terutama di Liga Inggris. Kini The Reds tertahan di tengah klasemen Liga Inggris karena beberapa kali mendapat kekalahan. Karena hal itulah berhembus kabar jika Liverpool akan menjualnya.

Berita tersebut mulai muncul setelah Calcio Mercato melaporkan mengenai Liverpool yang membuka pintu untuk kepergian Salah. Kabarnya The Red membandrol strikernya itu dengan harga sekitar 80 juta euro. Media tersebut juga mengabarkan jika kini PSG yang menjadi peminat terkuat dari Mohamed Salah.

Bukan hanya berencana menjual Salah, Liverpool kabarnya juga sudah mempersiapkan pengganti untuk pemain tersebut. Pengganti pemain Mesir itu adalah Federico Chiesa yang merupakan pemain milik Juventus yang mampu tampil apik musim ini. Kemungkinan besar perekrutan tersebut akan dilakukan di musim panas nanti.

Sebagai salah satu striker terbaik di Liga Inggris, biodata Mohamed Salah memang cukup menarik untuk di ulik. Sayang sekali ketajaman pemain dari Mesir itu menurun drastis di musim ini. Karena hal itulah beredar kabar jika Salah akan dilepas Liverpool dalam waktu dekat.***