DUNIASOCCER.COM – Roberto Firmino merupakan salah satu striker yang cukup diperhitungkan baik di Liga Inggris maupun Brazil. Karena hal itulah biodata Roberto Firmino sering kali muncul dalam pemberitaan mengenai sepak bola. Hingga kini pemain tersebut masih aktif bermain untuk Liverpool.

Roberto Firmino berhasil tampil apik bersama Liverpool baik di musim ini maupun sebelumnya. Sayang sekali tampilan apiknya tidak membuat Firmino dipanggil oleh Timnas Brazil di Piala Dunia kemarin. Kini pihak Liverpool dikabarkan tengah berusaha untuk memperpanjang kontrak Firmino yang sudah hampir habis.

Karir

Sebagai salah satu striker andalan Liverpool, biodata Roberto Firmino memang kerap kali menjadi bahan pemberitaan. Memiliki nama panjang Roberto Firmino Barbosa de Oliveira, pemain tersebut lahir di kota Maceio, Brazil. Lahir pada tanggal 2 Oktober 1991, Firmino kini berusia 31 tahun.

Roberto Firmino memulai karir mudanya di tahun 2004 di Tombense FC dan tidak lama kemudian pindah ke CRB. Empat tahun mengasah kemampuannya di klub tersebut, Firmino kemudian memutuskan pindah ke Figueirense. Bersama klub itulah karir senior Firmino dimulai tepatnya pada tahun 2009.

Keberhasilan Roberto Firmino dalam membawa Figueirense berpromosi ke Liga utama Brazil menarik minat Hoffenheim. Tahun 2011, Firmino resmi direkrut oleh klub Jerman tersebut dan bergabung selama 4,5 musim lamanya. Selama bermain untuk Hoffenheim, Firmino berhasil membawa klubnya itu promosi ke Bundesliga.

Tahun 2015, Roberto Firmino resmi direkrut oleh Liverpool dengan biaya sebesar Figueirense dengan kontrak 4 musim. Firmino sempat kesulitan meraih posisi utama, namun situasinya berubah sejak kedatangan Jurgen Klopp. Kini Firmino masih dimainkan secara reguler oleh Jurgen Klopp dan menjadi andalan pelatih asal Jerman tersebut.

Roberto Firmino pertama kali mendapat panggilan Timnas Brazil di tahun 2014 dan debut pertama di tanggal 02 November. Sedangkan gol pertamanya bersama Timnas di cetak ke gawang Austria 6 hari setelah debutnya. Kini Firmino secara perlahan mulai kalah saing di skuad Timnas Brazil.

Tercoret Dari Timnas

Roberto Firmino mampu tampil apik sejak awal musim bersama Liverpool di semua kompetisi. Namun sayang sekali Firmino justru tidak dipanggil oleh Timnas Brazil pada Piala Dunia kemarin. Nama Roberto Firmino tidak ada dalam daftar striker yang telah dirilis oleh Brazil sebelum Piala Dunia.

Lini depan Brazil penuh sesak dengan sederet nama pemain muda yang tengah naik daun seperti Vinicius Junior dan lain-lain. Hanya Neymar Jr saya yang merupakan striker senior dari daftar yang dirilis. Padahal dibandingkan semuanya, statistik Roberto Firmino yang paling bagus.

Melihat namanya tidak ada dalam daftar, Roberto Firmino kemudian memberikan tanggapan di akun media sosialnya. Firmino mengaku tidak kecewa dengan keputusan pelatih Timnas Brazil tersebut. Namun Firmino juga mengucapkan terima kasih dengan dukungan para penggemar untuknya.

Dipertahankan Liverpool

Sejak musim kemarin, nama Roberto Firmino selalu dikaitkan dengan beberapa klub Eropa. Hal tersebut dikarenakan kontrak Firmino akan segera berakhir dalam beberapa bulan kedepan. Terlebih belum ada kepastian dari Liverpool mengenai kontrak baru tersebut.

Baru-baru ini beredar kabar jika Liverpool telah mengajukan kontrak baru untuk Roberto Firmino. Kabarnya pembicaraan antara Liverpool dan perwakilan sang pemain sudah berjalan. Firmino sendiri memang mengakui jika dirinya sangat senang berada di Liverpool dan berhasil tampil apik hingga kini.

Lambatnya perpanjangan kontrak dikarenakan belum ada kesepakatan terkait durasi kontrak baru yang diterima. Kini kabarnya Liverpool sudah menemui jalan tengah yang juga diterima pihak Roberto Firmino. Sedangkan untuk nominal gaji, sang pemain tetap akan menerima jumlah yang sama seperti saat ini.

Termasuk pemain andalan Jurgen Klopp di area depan, biodata Roberto Firmino sering kali menjadi pembicaraan. Pemain tersebut memang mampu tampil impresif terutama dibawah asuhan Jurgen Klopp. Kabarnya Liverpool akan segera memperpanjang kontrak Roberto Firmino yang akan segera habis.***