DUNIASOCCER.COM – Kim Min-jae, pria kelahiran 15 November 1996 menjadi pesepakbola profesional yang berkewarganegaraan Korea Selatan. Perannya di atas rumput hijau adalah sebagai bek tengah. Profil Kim Min Jae semakin mencuat ketika ia mengabdi untuk raksasa Serie A, Napoli.

Berawal dari klub semi profesional, Gyeongju KHNP, Kim lantas melanglang buana di sepakbola Asia. Kim pernah berkarir di Jeonbuk Hyundai Motors dan Beijing Guoan, setelahnya ia baru berkarir di Eropa bersama Fenerbah├že dan Napoli. Lantas bagaimana profil Kim Min Jae selengkapnya? Simak ulasan berikut ini!

Berawal Dari Klub Semi Profesional

Profil Kim Min Jae berawal pada 2016 kala bergabung dengan klub semi profesional Kore, Gyeongju KHNP. Penampilan impresifnya bersama klub tersebut mendapat sorotan dari beberapa klub Liga Korea Selatan.

Jeonbuk Hyundai Motors berhasil mendapatkan tanda tangan sang pemain pada 2017. Berkarir selama satu tahun, Kim mencatatkan 52 laga dan menorehkan tiga gol. Kim juga menjadi andalan dalam dua torehan trofi juara Liga Korea Selatan.

Bek dengan postur 190 cm tersebut melanjutkan karir ke Liga China dengan menerima pinangan Beijing Guoan pada 2019. Berkarir selama 1,5 tahun, Kim menjadi andalan untuk 59 laga di lintas ajang. Performanya di atas lapangan mendapat tempat di hati raksasa Turki, Fenerbahce untuk merekrutnya.

Musim 2021/22 menjadi musim debut bagi Kim di Ligs Turki. Pada musim debutnya tersebut Kim mampu tembus ke daftar pemain terbaik Liga Turki.

Profil Kim Min Jae di Turki hanya setahun dengan mencatat 40 penampilan plus torehan satu gol. Pada musim 2022/23 ia resmi menjadi salah satu pilar bagi skuad Napoli.

Kedatangannya Sempat Diragukan

Performa Kim kala berkarir di Turki yang membuat Napoli tak tahan untuk melepaskan tawaran kepada Fenerbahce. Profil Kim Min Jae yang impresif membuat Partenopei rela merogoh kocek lebih dalam untuk memboyongnya pada musim panas 2022.

Gelontoran uang sebesar 19,5 juta euro adalah hasil diskusi antara Napoli dan Fenerbahce untuk melepas Kim ke Italia. Harga tersebut adalah responsi dari Napoli atas hijrahnya bek tengah Kalidou Koulibaly ke Chelsea.

Awal kedatangan Kim tak semulus yang dibayangkan. Ia sempat menjadi keraguan publik Partenopei untuk menggantikan peran penting Koulibaly. Wajar saja, profil Kim Min Jae sebelum berseragam Napoli hanya punya pengalaman membela klub semenjana.

Bersinar Bersama Napoli

Segelintir keraguan yang sempat disematkan untuknya perlahan mulai bergeser menjadi sebuah tepuk tangan. Profil Kim Min Jae kini menjelma sebagai bek tangguh dan sukar untuk ditembus striker lawan.

Kim kini matang bersama Napoli baik Serie A maupun di Liga Champions. Sejauh tulisan ini dibuat, Kim sudah membukukan 31 kali bermain di lintas ajang bersama Napoli dan mencatat dua gol serta sumbangsih satu assist.

Pernah Menjadi Andalan Shin Tae Yong

Kim Min-jae pernah jadi pegangan andalan kepala pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tepatnya pada 2018. Sebelum itu, Kim catatkan debut untuk Taeguk Warriors dalam gelaran Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia kala bertemu Iran.

Pada babak kualifikasi, Kim mampu antarkan Negeri Ginseng lolos ke Piala Dunia 2018. Namun nahas, ia belum dapat kesempatan untuk tampil di event akbar kala itu akibat cedera.

Karir Internasional

Kim yang gagal tampil di Piala Dunia 2018 akhirnya mampu tampil pada gelaran Asian Games 2018 di Indonesia.Kim menjadi peran penting dalam membawa Korea Selatan torehkan medali emas di cabor sepakbola putra.

Hingga kini, Kim sudah catatkan 47 laga bersama Korea Selatan dengan sumbangan satu gol. Penampilan impresif bersama Napoli tentu membuat profil Kim Min Jae menjadi skuad langganan timnas Korea Selatan.***