DUNIASOCCER.COM – Real Sociedad adalah salah satu klub yang tergabung dengan Liga utama Spanyol hingga kini. Sejarah Real Sociedad cukup unik untuk diulas terutama tempat berdirinya klub tersebut. Terlebih Real Sociedad juga memiliki catatan prestasi yang cukup membanggakan.

Real Sociedad secara mengejutkan mampu tampil apik di Liga Spanyol pada musim ini. Dengan pencapaiannya tersebut, tidak heran jika Real Sociedad dijuluki kuda hitam Real Madrid. Kini klub tersebut tengah berusaha mengejar posisi Real Madrid di klasemen sementara.

Sejarah Klub

Terbentuk di kota kecil bernama San Sebastian daerah Basque, sejarah Real Sociedad cukup panjang. Klub berjulukan La Real itu berdiri pada tahun 1909 oleh pelajar yang berasal dari Inggris. Markas Real Sociedad sendiri terletak di stadion Anoeta yang bereputasi buruk karena lintasan atletiknya.

Menjadi salah satu klub tertua di Spanyol, Real Sociedad juga sangat dihormati oleh negara tersebut. Selain itu, Real Sociedad juga terkenal pernah menjadi klub pemain-pemain hebat Eropa. Meskipun begitu, Real Sociedad termasuk klub yang minim gelar baik di kompetisi Domestik maupun internasional.

La Real termasuk dalam salah satu klub yang menjadi anggota pendiri La Liga di tahun 1928. Klub tersebut juga pernah bertahan selama 40 tahun di La Liga sebelum terdegradasi pada tahun 2007. Namun di musim 2010-2011, Real Sociedad berhasil promosi dan bertahan hingga kini.

Real Sociedad berhasil meraih title juara di Liga Utama Spanyol sebanyak dua kali tepatnya pada musim 1980-1981 dan 1981-1982. Selain itu, tahun 1983 Real Sociedad juga berhasil menjuarai Piala Super Spanyol. Klub tersebut juga sempat menjadi runner up Liga Spanyol di musim 2002-2003.

Prestasi terbaru yang diperoleh Real Sociedad adalah trofi Copa Del Rey yang diperoleh pada musim 2019-2020 lalu. Saat itu Real Sociedad berhasil menang melawan Athletic Bilbao di laga final. Gelar Copa Del Rey tersebut menjadi gelar ketiga yang dicatatkan oleh Real Sociedad.

Kuda Hitam Spanyol

Real Sociedad mampu membuat penggemar sepak bola terkesan dengan sepak terjangnya di musim ini. Secara mengejutkan La Real berhasil mengobrak abrik papan atas klasemen sementara Liga Spanyol. Klub tersebut menempati posisi 3 mengalahkan Sevilla dan Atletico Madrid.

Bersama Athletic Bilbao, Real Sociedad menjadi kebanggaan kota Basque di Liga Utama Spanyol. Namun Real Sociedad memiliki catatan yang cukup apik dibandingkan rival sekotanya itu. Klub tersebut juga memiliki catatan trofi yang membanggakan dan beberapa kali ikut kompetisi Eropa.

Real Sociedad memang tidak selalu berada di bagian atas klasemen, namun tidak cocok disebut klub papan tengah. Sebutan yang sangat cocok untuk La Real adalah Kuda Hitam di Liga utama Spanyol. Pasalnya Real Sociedad selalu membawa kejutan pada setiap musimnya.

Tengah Kejar Real Madrid

Akhir bulan Januari kemarin, Real Sociedad berhasil menahan imbang Real Madrid dengan tanpa skor. El Real juga berhasil meraih kemenangan di dua pertandingan awal Februari tersebut. Dari 5 laga terakhir di Liga Spanyol, Real Sociedad juga hanya kalah satu kali saja.

Hasil positif tersebut menuntun Real Sociedad menempati posisi ketiga di klasemen sementara Liga Spanyol. Total 42 poin yang berhasil dikumpulkan klub tersebut dari 21 laga yang diikuti dengan mencetak 31 gol. Bahkan dari 21 laga tersebut, Real Sociedad baru kalah 5 laga saja.

Sabtu tanggal 18 Februari nanti, Real Sociedad akan melawan Celta de Vigo di Liga Spanyol pekan ke-22. Dalam laga tersebut, Real Sociedad akan berusaha untuk meraih poin penuh demi mengejar Real Madrid yang tepatnya diatasnya. Namun usaha tersebut diprediksi sulit karena masih ada 3 poin yang harus dikejar.

Sejarah Real Sociedad sangat panjang mengingat klub tersebut adalah salah satu klub tertua di Spanyol. Real Sociedad sendiri berhasil mencapai posisi 3 teratas saat ini dan mengalahkan klub kuat lainnya. Dengan hasil tersebut tidak heran Real Sociedad dijuluki kuda hitam di Liga Spanyol.***